AHMAD MAHFUDDIN

AHMAD MAHFUDDIN I’M IS VERY LIKE HEAVY METAL ROCK N’ ROLL

Sejarah

Steppenwolf

Heavy metal ditemukan oleh Band veteran Tahun 60’an Steppenwolf, dalam lagu klasiknya yang berjudul ‘Born To Be Wild‘ (ada di baris kedua bait kedua, “dasar maniak barang remeh-remeh!”).

“I like smoke and lightning Heavy metal thunder Racin’ with the wind And the feelin’ that I’m under”.

Tapi istilah itu belum dipakai secara tepat sampai pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis album perdana klasik mereka yang berjudul ‘ Paranoid‘. Cukup banyak band Heavy metal.

Dari tahun 1960-an atau bisa disebut Blues Rock seperti Led Zeppelin, AC/DC Classic metal dan disekitar 60an sampai 70’an atau disebut Classic Rock seperti Black Sabbath, Blue Oyster Cult, Deep Purple, Alice Cooper. Permainan Classic metal dimainkan kadang dengan Organ. Musiknya dikendalikan olehriff yang lebih sering dimainkan dalam tangga nada minor. Vokalisnya juga terpengaruh oleh Led Zeppelin kecuali Bapak metal Ozzy Osbourne yang dipengaruhi oleh Sirene udara.

[sunting] Jenis-jenis metal

Berikut beberapa jenis metal lagi:

[sunting] 70’an

Ditahun 1968, sound yang akan menjadi terkenal dengan sebutan heavy metal telah bersatu. Di Januari, band dari Francisco Blue Cheer mengeluarkan cover song dari lagunya Eddie Cochran’s “Summertime Blues”, di album debut mereka Vincebus Eruptum dan banyak yang beranggapan bahwa rekaman pertama orisinil heavy metal adalah dari album tersebut.

[sunting] Progressive rock

Genre ini memang cenderung ke Rock tapi tetap aja ada unsur metalnya, yaitu, lagu panjang, lirik berkata ke roh dan setan-setan dan melodi gitar yang panjang. beberapa band Progressive rock ini seperti Genesis, Marillion, Rush, Queen, Jethro Tull. Belakangan sekitar Akhir 80’an barulah muncul genre yang lebih tepat disebut Progressive metal seperti Dream Theater, Queensrÿche, Fates Warning, yang lebih cenderung ke visualisasi.

[sunting] Punk

Punk juga merupakan genre yang tidak terlalu Metal awalnya. hingga pada akhir 60’an muncul Bapak punk Iggy Pop & The Stooges, New York Dolls dan memasuki pertengahan dan akhir 70’an baru munculah Sex Pistols, The Clash, The Damned, The Ramones yang sangat kental logat Ingris-nya. Tapi punk nyaris runtuh ketika bertabrakan dengan Pop ditahun 80’an dan berubah menjadi New Wave.

[sunting] Awal 80’an

Genre ini muncul di 70’an dan masih berupa musik Punk rock tapi lebih dikenal di awal 80’an. Di gawangi oleh band-band seperti Motörhead, Iron Maiden, Venom dan Diamond Head, .

[sunting] NWOBHM muncul di Britania raya

Awal 80’an ketika Heavy Metal bertabrakan dengan Blues di Britania Raya. Muncul Genre yang disebut New Wave of British Heavy Metal (NWOBHM) dengan riff nge blues dan vokal yang melengking. Muncullah band-band seperti Iron Maiden, Motörhead, Saxon, Judas Priest, Def Leppard dan Samson.

[sunting] Big Girls’ Blouse Metal atau Soft Rock, ‘AOR‘, Pop-rock

Pertengahan 80’an giliran NWOBHM dan American Metal yang bertabrakan dengan Pop hingga menjadi Big Girls’ Blouse Metal dengan kibasan rambut sang penyanyi cenderung slow dan lirik asmara. Band dari genre ini juga adalah “bekas” dari band yang bertabrakan itu seperti Reo Speedwagon, Foreigner.

[sunting] Extreme Metal (Underground)

Metallica band Thrash metal

[sunting] Thrash metal, Power metal, Speed metal, Black metal, Death metal, Grindcore

Tempo lagu sangat cepat yang diusung oleh gitaris yang memainkan gitar rhytm Downstroke pada Thrash metal oleh band-band seperti Metallica, Megadeth, Slayer dan Anthrax yang dijuluki Big Four Of Thrash. Di San Francisco ada Testament dan Exodus di New Jersey ada Overkill dan Sepultura dari Brazil, lalu pada tahun 1990’an, underground ini lebih memasuki ke Extreme metal seperti Grindcore dipelopori oleh Napalm Death dan Carcass, Black metal yang diprakarsai oleh band-band cadas seperti Venom, Mayhem, Bathory, Mercyull Fate, berkembang pada 1991 menjadi Scandinavian Death metal oleh Entombed, Dismember, Unleashed, dan At The Gates Melodic Death metal yang berasal dari Gothenburg Swedia lalu berkembang di Finlandia dan Norwegia oleh band-band seperti Arch Enemy, Dark Tranquillity, Disessction. Florida Death metal adalah Turunan jenis musik Thrash metal yang berasal dari band Kreator dan Destruction melahirkan band band asal Florida yang terkesan lebih brutal yang menjadi Techical metal di pioniri oleh Cynic (kemudian menjadi berevolusi menjadi Aghora ), Atheist, Immolation, Death. Progressive Death metal yang mungkin lebih cenderung ke visualisasi dan banyak mengunakan Tradisional pun dimaklumi, Pionirnya adalah Opeth, Pestilence, Death, Novembre dan mungkin Progressive metal oleh Dream Theater.

Perbedaannya dengan Power metal adalah genre ini lebih bersemangat dan vokalis genre ini kebanyakan di pengaruhi oleh Rob Halford dan Bruce Dickison band-band genre ini kebanyakan dari Eropa. Misalnya, Europe (Swedia), Iron Maiden (U.K), Helloween (Jerman). Dan Speed metal dimainkan lebih cepat sangat-sangat cepat dan bertenaga seperti Motörhead (akhir-akhir), Iron Angel, Anthrax.

[sunting] 90’an

Ketika para orang sudah kehabisan nama untuk mencari genre dan ketika punk yg jarang di era 80’an. tahun 90’an menjadi solusi ketika muncul genre yang disebut Grunge dan Alternative metal.

[sunting] Alternative metal

Primus, band pengungsung Alternative metal

Alternative metal adalah salah satu jenis metal yang paling populer di awal 90’an. Tapi ketika awal 80an orang sudah mengenal bagianya, Funk metal yang dipelopori oleh Faith No More, Red Hot Chilli Papers, Extreme, Primus, lalu hingga pada tahun 90’an munculah Rage Against The Machine.

Selain itu ada Industrial metal band seperti Fear Factory lalu Ministry lah pentolanya. Industrial metal juga banyak di pelopori oleh band dari Jerman seperti Rammstein ,Oomph!, Megaherz.

Lalu ada Punk Metal atau Crossover Thrash punk dengan lebih banyak gitar. Band-band genre ini seperti Suicidal Tendecies, Stromtroopers of Death. Dan lama-lama genre ini bermatamorfosis menjadi Hardcore Punk.

Nu Metal, Genre alternative metal yang terakhir adalah metal modern yang bermain dengan nada Industrial. Banyak band-band dari Korn, Slipknot, Limp Bizkit, Linkin Park hingga Disturbed. lalu banyak bagian genre ini dari Rap core, Rap metal, Hip metal.

[sunting] Grunge (90’an)

Kurt Cobain

Tahun 1990-an ketika wabah musik Grunge yang awalnya adalah Punk dan bermunculan di Seattle dan dikembangkan oleh Kurt Cobain walaupun sedikit cenderung ke Alternative rock. Band Grunge dari Seattle, seperti Nirvana, Soundgarden, Pearl Jam, dan Alice in Chains sebelum band itu ada sebenarnya grunge sudah ada oleh band-band seperti Malfunkshun dan Green River setelah itu ada Temple of the Dog Mad Season, Mudhoney sampai Melvins. Setelah kematian Kurt Cobain musik Grunge jarang datang lalu kembali di-ilhami dengan band-band seperti Skin Yard dan PJ Harvey. Jika suatu band memainkan musik Grunge tapi band itu bukan berasa dari Seattle. Nama yang dipakai bukanlah Grunge, tetapi Post-Grunge seperti L7, Stone Temple Pilots, Paw, Hole (Yang sang vokalis Courtney Love adalah istri dari Kurt Cobain hingga menjadi Grunge).

Heavy metal adalah sebuah aliran musik rock yang berkembang pada 1970-an. Aliran musik ini mengutamakan gitar yang cukup banyak.

Heavy metal ditemukan oleh Band veteran Tahun 60’an Steppenwolf, dalam lagu klasiknya yang berjudul ‘Born To Be Wild’ (ada di baris kedua bait kedua, “dasar maniak barang remeh-remeh!”).

“I like smoke and lightning Heavy metal thunder Racin’ with the wind And the feelin’ that I’m under”.

Tapi istilah itu belum dipakai secara tepat sampai pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis album perdana klasik mereka yang berjudul ‘ Paranoid’. Cukup banyak band Heavy metal.

Dari tahun 1960-an atau bisa disebut Blues Rock seperti Led Zeppelin, AC/DC Classic metal dan disekitar 60an sampai 70’an atau disebut Classic Rock seperti Black Sabbath, Blue Oyster Cult, Deep Purple, Alice Cooper. Permainan Classic metal dimainkan kadang dengan Organ. Musiknya dikendalikan olehriff yang lebih sering dimainkan dalam tangga nada minor. Vokalisnya juga terpengaruh oleh Led Zeppelin kecuali Bapak metal Ozzy Osbourne yang dipengaruhi oleh Sirene udara.


Jenis-jenis metal
Berikut beberapa jenis metal lagi:
70’an
Era 70’an semua jenis metal masih berada dalam Classic metal.

Progressive rock
Genre ini memang cenderung ke Rock tapi tetap aja ada unsur metalnya, yaitu, lagu panjang, lirik berkata ke roh dan setan-setan dan melodi gitar yang panjang. beberapa band Progressive rock ini seperti Genesis, Marillion, Rush, Queen, Jethro Tull. Belakangan sekitar Akhir 80’an barulah muncul genre yang lebih tepat disebut Progressive metal seperti Dream Theater, Coheed & Cambria yang lebih cenderung ke visualisasi.

Punk
Punk juga merupakan genre yang tidak terlalu Metal awalnya dimotori oleh The Who tapi tidak terlalu nyata. hingga pada akhir 60’an muncul Bapak punk Iggy Pop & The Stooges, New York Dolls dan memasuki pertengahan dan akhir 70’an baru munculah Sex Pistols, The Clash, The Damned, The Ramones yang sangat kental logat Ingris-nya. Tapi punk nyaris runtuh ketika bertabrakan dengan Pop ditahun 80’an dan berubah menjadi New Wave.

NOTHING THE DAY WITHOUT ROCK N' ROLL MUSIC

NOTHING THE DAY WITHOUT ROCK N' ROLL MUSIC

Sejarah musik rock
Jimi Hendrix
Jimi Hendrix merupakan salah satu pelopor rock

BBC TV sejak akhir Mei lalu menayangkan acara khusus tentang sejarah musik rock dunia dalam 7 seri, yang akan digelar hingga akhir Juni.

Program yang diberi judul 7 Ages of Rock itu menampilkan perkembangan musik rock sejak masa 1960-an hingga abad ke 21.

Ringkasan program itu disiarkan dalam Info Musika BBC Siaran Indonesia, yang memaparkan masa-masa awal musik Rock, dengan pengantar acara Liston P. Siregar.

Musik Rock dikembangkan dari musik Blues asal Mississipi di Amerika, dan salah satu gitaris yang menonjol di masa awal kelahirannya adalah adalah gitaris Jimi Hendrix.

Setelah masa awal dengan irama blues yang kental –seperti Satisfaction karya Stones yang pada prinsipnya adalah blues, kata Keith Richard– berkembanglah musik rock yang memadukan musik dan seni pertunjukan.

Aliran diawali dengan seniman pop dunia, Andy Warhol, yang berkolaborasi dengan The Velvet Underground.

Dan yang sering disebut puncak dalam masa ini –yang juga dikenal sebagai art rock– adalah The Wall karya Pink Floyd, berupa pertunjukan teater rock.

Sex Pistols
God Save The Queen dari Sex Pistols menegaskan kehadiran punk

Sementara itu sekelompok pemusik lain di awal 1970-an mengembangkan punk, dengan pelopor The Sex Pistols dan The Clash.

Salah satu aliran lain yang juga berkembang dari rock adalah heavy metal dengan prinsip ‘secepat mungkin dan sekuat mungkin.’

Dengan pionir Black Sabbath, aliran ini kemudian diramaikan oleh Deep Purple, Judas Priest, Iron Maiden dan Metallica.

Tentu saja peran musisi-musisi besar dunia lain tidak bisa dilupakan begitu saja, walaupun mungkin mereka tidak bisa disebut menawarkan sebuah pendekatan yang sama sekali baru.

Sejumlah rockers raksasa hingga saat ini masih tetap bergema, antara lain Led Zeppelin, Nirvana, The Queen, The Police, maupun Bruce Springsteen.

Memasuki Abad 21, rock mungkin bisa disebut memasuki masa indie dengan awal The Smiths asal Inggris.

Beberapa kelompok yang masih mengibarkan bendera rock di Abad 21 antara lain Franz Ferdinand, The Libertines, dan The

Arctic Monkeys.

* Musik Heavy Metal I *
237 magnify
Heavy Metal adalah sebuah aliran musik rock yang berkembang pada 1970-an. Aliran musik ini mengutamakan gitar yang cukup banyak.

Heavy metal ditemukan oleh Band veteran Tahun 60’an Steppenwolf, dalam lagu klasiknya yang berjudul ‘Born To Be Wild‘ (ada di baris kedua bait kedua, “dasar maniak barang remeh-remeh!”).

“I like smoke and lightning Heavy metal thunder Racin’ with the wind And the feelin’ that I’m under”.

Tapi istilah itu belum dipakai secara tepat sampai pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis album perdana klasik mereka yang berjudul ‘ Paranoid‘. Cukup banyak band Heavy metal.

Dari tahun 1960-an atau bisa disebut Blues Rock seperti Led Zeppelin, AC/DC Classic metal dan disekitar 60an sampai 70’an atau disebut Classic Rock seperti Black Sabbath, Blue Oyster Cult, Deep Purple, Alice Cooper. Permainan Classic metal dimainkan kadang dengan Organ. Musiknya dikendalikan olehriff yang lebih sering dimainkan dalam tangga nada minor. Vokalisnya juga terpengaruh oleh Led Zeppelin kecuali Bapak metal Ozzy Osbourne yang dipengaruhi oleh Sirene udara.

Progressive rock

Genre ini memang cenderung ke Rock tapi tetap aja ada unsur metalnya, yaitu, lagu panjang, lirik berkata ke roh dan setan-setan dan melodi gitar yang panjang. beberapa band Progressive rock ini seperti Genesis, Marillion, Rush, Queen, Jethro Tull. Belakangan sekitar Akhir 80’an barulah muncul genre yang lebih tepat disebut Progressive metal seperti Dream Theater, Coheed & Cambria yang lebih cenderung ke visualisasi.

Punk

Punk juga merupakan genre yang tidak terlalu Metal awalnya dimotori oleh The Who tapi tidak terlalu nyata. hingga pada akhir 60’an muncul Bapak punk Iggy Pop & The Stooges, New York Dolls dan memasuki pertengahan dan akhir 70’an baru munculah Sex Pistols, The Clash, The Damned, The Ramones yang sangat kental logat Ingris-nya. Tapi punk nyaris runtuh ketika bertabrakan dengan Pop ditahun 80’an dan berubah menjadi New Wave.

American-Metal

Genre ini memang muncul di 70’an tapi lebih dikenal di awal 80’an. dengan lirik asmara dan teknik Palm-mute. Vokal melengking band seperti Van Halen, Aerosmith, Bon Jovi, Motley Crue.

NWOBHM muncul di Britania raya

Awal 80’an ketika Heavy Metal bertabrakan dengan Blues di Britania Raya. Muncul Genre yang disebut New Wave of British Heavy Metal (NWOBHM) dengan riff nge blues dan vokal yang melengking. Munculah band-band seperti Iron Maiden, Saxon, Judas Priest, Def Leppard dan Samson.

Big Girls’ Blouse Metal atau Soft Rock, ‘AOR‘, Pop-rock

Pertengahan 80’an giliran NWOBHM dan American Metal yang bertabrakan dengan Pop hingga menjadi Big Girls’ Blouse Metal dengan kibasan rambut sang penyanyi cenderung slow dan lirik asmara. Band dari genre ini juga adalah “bekas” dari band yang bertabrakan itu seperti Def Leppard, Bon Jovi, Reo Speedwagon, Foreigner.

Underground Metal

Metallica band Thrash Metal

Metallica band Thrash Metal

[sunting] Thrash metal, Power metal, Speed metal

Tempo lagu sangat cepat yang diusung oleh gitaris yang memainkan gitar rhytm Downstroke pada Thrash metal oleh band-band seperti Metallica, Megadeth, Slayer dan Anthrax yang dijuluki Big Four Of Thrash. Di San Fransisco ada Testament dan Exodus di New Jersey ada Overkill dan Sepultura dari Brazil, lalu pada tahun 1990’an, underground ini lebih memasuki ke Extreme metal seperti Black metal yang diprakarsai oleh band-band cadas seperti Venom, Mayhem, Bathory, Mercyull Fate dan Death Metal yang cenderung menggunakan vokal dengan growl rendah dan banyak screamnya berkembang pada 1991 menjadi Scandinavian Death metal oleh Entombed, Dismember, Unleashed, dan At The Gates Melodic Death metal yang berasal dari Gothenburg Swedia lalu berkembang di Finlandia dan Norwegia oleh band-band seperti Arch Enemy, Dark Tranquillity, Disessction. Florida Death metal adalah Turunan jenis musik Thrash metal yang berasal dari band Kreator dan Destruction melahirkan band band asal Florida yang terkesan lebih brutal yang menjadi Techical metal di pioniri oleh Cynic (kemudian menjadi berevolusi menjadi Aghora ), Atheist, Immolation, Death. Progressive Death metal yang mungkin lebih cenderung ke visualisasi dan banyak mengunakan Tradisional pun dimaklumi, Pionirnya adalah Opeth, Pestilence, Death, Novembre dan mungkin Progressive metal oleh Dream Theater.

Perbedaannya dengan Power metal adalah genre ini lebih bersemangat dan vokalis genre ini kebanyakan di pengaruhi oleh Rob Halford dan Bruce Dickison band-band genre ini kebanyakan dari Eropa. Misalnya, Europe (Swedia), Iron Maiden (U.K), Helloween (Jerman). Dan Speed metal dimainkan lebih cepat sangat-sangat cepat dan bertenaga seperti Motorhead (akhir-akhir), Iron Angel, Anthrax.

Berawal dari ke-tulalit-an saya waktu di ajak ngobrol adek-adek SMA di sebuah kelas English Course.
Jadi, waktu itu sedang ada sesi diskusi alias belajar speaking.
Kita disodori banyak topik, dan salah satunya:
“Does it annoy you when your neighbour listen to a Heavy Metal Music?”
Akhirnya, anak-anak SMA itu pada nge-bahas musik metal.
Jelas itu bukan bidang ku dan aku gak tau blas. Untung waktu itu gak kena hukum karena aku cuma manggut2 doank. Kebiasaan orang Informatika, kalo ngomong kan mesti pake data-data. Hehehe…

Ternyata, di situs swaramuslim pernah dibahas satu topik yang berkaitan masalah ini. Bahkan salah seorang dosen ilmu sejarah dari Universitas California-Irvine udah mengangkat fenomena Heavy Metal Islam jadi judul sebuah buku. Ternyata, ke-gandrungan anak2 muda akan genre musik yg satu ini gak cuma melanda Indonesia, tapi juga melanda anak2 muda di negara-negara di Timur Tengah sana. Kira-kira apa penyebanya? Lihatlah dari galeri foto yang disajikan. Fenomena yang sangat “menarik” bukan?

Dalam petikan wawancara yang di muat swaramuslim itu gak disebutin apakah si penulis buku ini non muslim atau bukan. Tapi dari kalimat yang saya cetak tebal di bagian akhir wawancara itu, saya mengambil kesimpulan kalau penulisnya ini kemungkinan besar non muslim.

Terlepas dari itu semua, apa yg ia paparkan sangat mungkin memang merupakan fakta. Bahwa dari waktu kewaktu dekadensi religi di kalangan kaum muda semakin nyata. Tidak hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia.

“Heavy Metal Islam”. Pasti banyak orang tertarik dengan judul buku yang unik ini. Tapi judul itu belum selesai. Karena masih berlanjut pada judul kecil di bawahnya yang bertuliskan, “Rock, Resistance, and the Struggle for the Soul of Islam.” Buku itu karya Profesor Mark Levin, salah seorang dosen ilmu sejarah di Universitas California-Irvine.

Menurutnya, tidak sedikit para pemuda Islam di Timur Tengah saat ini yang mulai gandrung pada aliran musik Heavy Metal. Dan itu menurut Levin merupakan sebuah ungkapan revolusi atas perasaan tertekan dan kondisi otoriter yang mereka alami. Untuk mengungkap bagaimana aliran Heavy Metal mulai merasuki pemuda Timur Tengah, situs Islamonline melakukan wawancara dengan Levin, si penulis buku. Berikut petikannya:

Ada sejumlah tokoh aliran Heavy Metal dari kalangan Islam. Apakah anda merasakan bahwa aliran musik itu tidak menghalangi mereka dari sosok muslim yang baik? Bagaimana mereka bisa memadukan antara musik beraliran keras dengan Islam?

Saya sudah berbicara dengan sejumlah pemuda seperti itu, dan mereka menyampaikan bahwa mereka tetap melakukan shalat Jum’at di masjid misalnya, selanjutnya mereka meneruskan panggung musik Black Metalnya selama empat jam berturut-turut. Di sini, di negara Barat, kita lihat Black Metal adalah salah satu aliran musik Metal yang mempunyai style musik yang unik karena memiliki kecepatan musik dan lengkingan suara dalam nyanyiannya. Di samping iringan drum dan ragam jenis gitar. Aliran musik ini dikenal juga dengan Satanic Metal. Di AS dan Skandinavia, aliran musik seperti ini sudah ada dan disebut sebagai aliran setan yang anti-agama dan anti-Kristen.

Tapi di Timur Tengah ada kelompok pemuda yang menyanyikan Satanic Lyric, meski tidak banyak. Kebanyakan mereka mengatakan, alasannya menyanyikan Black Metal cuma gaya saja. Mereka tidak menyanyikan Satanic Lyric nya, melainkan aliran musiknya saja.

Di sejumlah negara Arab, apakah ada penentangan terhadap musik Heavy Metal?
Ya, sejumlah orang yang mengaku komitmen dan kelompok Salafi selalu menolaknya. Bahkan, mereka bukan hanya menolak Heavy Metal tetapi menolak musik itu secara umum. Meskipun musik itu digunakan untuk kepentingan agama. Ada yang mengatakan itu adalah haram. Tapi perlu ditegaskan, kondisinya sudah berubah dalam sepuluh tahun terakhir. Pada tahun 1997, pemerintah Mesir pernah melarang pertunjukan musik Metal untuk meredakan revolusi agama yang memang menentangnya. Presiden Mubarak merasa pada waktu itu, dia harus meredakan kaum agamis yang menentangnya.

Tapi setelah itu, sejumlah pemuda mulai cenderung pada aliran ini, meskipun mereka tetap berhati-hati dengan berbagai hal yang tidak sesuai dengan kondisi Mesir, terkait dengan masalah Zionisme atau tudingan menyerupai Barat. Sekarang, Heavy Metal bukan masalah di Timur Tengah. Pemerintah tidak terlalu memantau prilaku penduduknya karena orang-orang Mesir sekarang juga sudah berubah. Al-Ikhwan Al-Muslimun saat ini tengah sibuk dengan tekanan dari pemerintah, sehingga perhatian mereka terhadap masalah aliran musik dan group band Heavy Metal tidak terlalu tajam lagi.

Di Maroko, Partai Keadilan dan Pembangunan yang dikenal memiliki orientasi keIslaman masih menentang Heavy Metal. Tapi sejumlah partai agama lainnya tidak terlalu menentangnya karena pada umumnya, mereka sedang sibuk mengkaji dan mempermasalahkan soal demokratisasi di tempatnya.

Bisa Dikatakan bahwa Heavy Metal mulai tersebar di Timur Tengah?
Memang sudah menyebar. Tapi Heavy Metal di sana sudah kehilangan substansinya. Aliran itu muncul pertama di Inggris pada tahun ’60 atau ’70-an sebagai bentuk penolakan terhadap kaum muda yang kehilangan pekerjaan dan karena rekonstruksi perekonomian yang meninggalkan bisnis konvensional sehinga banyak tempat yang dilanda kemiskinan. Semua kondisi itu memunculkan kemarahan, dan itulah yang melatarbelakangi Heavy Metal.

Dalam cover buku Anda terpampang gambar perempuan yang berjilbab tapi memakai kaos bertuliskan Heavy Metal. Apa pesan yang ingin Anda sampaikan lewat gambar itu?
Sebagian orang menganggap jilbab itu sebagai ancaman. Saya ingin mengangkat pesan bahwa ketika Anda melihat perempuan berjilbab dengan kaos seperti ini, apa pendapat Anda? Anda pasti akan melihatnya berbeda. Ternyata dia menyukai Heavy Metal seperti Anda. Titik inilah yang ingin saya angkat dalam uraian buku saya pada bab “Mengapa mereka membenci kami?” Kaum Muslimin itu masing-masing berbeda. Kita di AS juga berbeda-beda ada yang beraliran partai Demokrat, ada yang Republik, yang satu sama lain saling berkompetisi. Kita tidak mungkin menyamaratakan pandangan terhadap Islam dan dunia Islam, karena ada ragam bentuk di sana.

ROCK N' ROLL OF HEAVY METAL MAKE ME GROW MY MIND AND MY INSPIRATION

ROCK N' ROLL OF HEAVY METAL MAKE ME GROW MY MIND AND MY INSPIRATION

Galery:

Egypt Heavy Metal

Targeted Iraqi heavy metal band Acrassicauda

Bagdhad

Heavy Metal Madness in Tehran

Mohammed Saad, right, and Mohammed Azzam, second left, two pioneers of Egypt’s heavy metal scene, pose with unidentified band members and fans in this undated recent concert that was held in the outskirt of Cairo, Egypt

Dari petikan wawancara di atas setidaknya ada 4 penyebab suburnya perkembangan musik rock di negara-negara yang mayoritas penduduknya mengaku beragama Islam, yaitu:
1. Music Metal menurut sebagian kawula muda adalah merupakan ungkapan revolusi atas perasaan tertekan dan kondisi otoriter yang mereka alami.

2. Music Metal mempunyai style musik yang unik karena memiliki kecepatan musik dan lengkingan suara dalam nyanyiannya. Di samping iringan drum dan ragam jenis gitar. Jelas gampang banget menarik minat kawula muda yang jiwanya lagi penuh semangat.

3. Mereka beralasan menyanyikan Black Metal cuma gaya saja. Mereka tidak menyanyikan Satanic Lyric nya, melainkan aliran musiknya saja.

4. Di negara-negara yang penduduknya mayoritas mengaku beragama Islam, pemerintahan yang berkuasa sekarang banyak yang tidak terlalu memantau prilaku penduduknya sehingga perhatian mereka terhadap masalah aliran musik dan group band Heavy Metal tidak terlalu tajam lagi. Pada umumnya mereka sedang sibuk mengkaji dan mempermasalahkan soal demokratisasi di tempatnya sehingga kurang memperhatikan permasalahan yang dihadapi generasi muda.

~ oleh mahfudzakbarza pada Februari 18, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: